Kreatif, Ubah Limbah Botol Bekas Jadi Berkah

Koleksi kerajinan berbahan botol bekas karya Endang mulai diminati (Foto / Metro TV) Koleksi kerajinan berbahan botol bekas karya Endang mulai diminati (Foto / Metro TV)

KEDIRI : Prihatin dengan banyaknya sampah botol di sekitar rumahnya,  Endang Supriyani (50) warga Desa Turus, Kecamatan Gampengrejo, Kediri menyulapnya menjadi kerajinan bernilai ekonomis. Botol bekas itu diubah menjadi aneka boneka-boneka hias yang cantik dan lucu-lucu. 

Untuk membuat boneka hias tersebut, botol-botol bekas air minum dicuci dan dipotong bagian atasnya. Setelah itu, botol dipotong menjadi dua bagian. Bagian atas dijadikan kepala, sedangkan yang potongan yang bawah dijadikan tubuh boneka.

Selanjutnya pada potongan botol kepala juga ditambahkan telinga dan hidung yang dilekatkan dengan lem. Kemudian dilakukan pengecatan serta diberikan hiasan kedua mata serta alis agar lebih cantik dan menarik.
 
Tak lupa, kepala juga diberikan hiasan dan tubuh juga dibungkus dengan kain. Setelah rapi, kepala dan tubuh disatukan dan jadilah pasangan boneka yang lucu dan indah. 

"Boneka ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, namun biasa menjadi celengan," ujarnya. 
 
Endang mengaku ide membuat kerajinan boneka berawal dari keprihatinanya dengan banyaknya botol di sekitar lingkungannya. kemudian muncul ide berinovasi membuat kerajinan boneka hias dari botol-botol bekas tersebut.

"Namun untuk pemasaran sedikit terkendala karena pamdemi covid 19. Kami hanya mengandalkan media sosial dan juga dititipkan ke toko-toko aksesoris," ujarnya. 

Menurut Endang, untuk harga boneka tersebut sangat terjangkau yakni mulai Rp 25 ribu sampai 35 ribu.
 


(ADI)