Qatar Ambyar, Senegal Buka Peluang

Selebrasi pemain Senegal/MI Selebrasi pemain Senegal/MI

DOHA: Tuan rumah Qatar tersingkir lebih awal setelah mengalami kekalahan kedua dari Senegal 1-3 pada penyisihan Grup B Piala Dunia di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Jumat malam, 25 November 2022.

Hingga laga berjalan satu jam, belum ada gol diciptakan kedua kesebelasan. Pemain Qatar seperti tidak lepas bermain dan masih sering mengalami salah umpan,

Menit ke 41, dari sebuah kesalahan bek Qatar Boualem Khoukhi, yang tak sempurna menghalau bola, tanpa ampun bola langsung disambar striker Senegal Bolaye Dia. Bola meluncur keras ke sudut gawang Barsham. Skor berubah 0-1 untuk Senegal dan bertahan hingga jeda.

Babak kedua, Senegal sukses menggandakan keunggulannya pada menit 48 lewat sundulan Diedhiou yang memanfaatkan sepak pojok. Skor 0-2 untuk keunggulan Singa Terangga.

BACA: Ekuador Tahan Imbang Belanda

Qatar langsung merespons. Sayang, upaya pemain masih gagal. Terbaik diperoleh Abdelkarim Hasan pada menit 60. Tendangan spekulasinya dari jarak 30 meter masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Mendy.

Pun begitu dengan kans yang didapat Almoez Ali semenit berselang. Tendangannya datarnya dari dalam kotak penalti masih bisa diselamatkan Mendy dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Ali mendapat kans berikutnya pada menit 65. Sayang, Mendy kembali berhasil menggagalkan tendangannya dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Sisa waktu 15 menit, sejumlah pergantian dilakukan Qatar dan Senegal. Akhirnya sejarah tercipta saat pemain Qatar Mohammed Muntari mencetak gol pertama untuk negaranya di ajang Piala Dunia. Gol tercipta usai Muntari menerima umpan dari Ismaeel Muhammad menit 78. Skor menjadi 1-2 masih untuk Senegal.

Senegal akhirnya mengamankan laga dengan gol ketiga yang dicetak Ahmadou Dieng lewat sepakam kerasnya di dalam kotak penalti. Gol berawal dari umpan Ndiaye yang melakukan solo run hingga sisi kiri pertahanan Qatar. Bola yang disodorkan ke dalam kotak penalti, tanpa ampun dihajar Dieng. Skor menjauh 1-3  di menit 84.

Di pengujung laga, Abdelkarim nyaris memperkecil kedudukan. Sayang, sepakan dari skema tendangan bebas masih melenceng di sisi kiri gawang Mendy. Hingga peluit panjang, skor 1-3 tak berubah untuk keunggulan Senegal.

Menang, Senegal membuka asa lolos dan tinggal mengamankan laga terakhir melawan Ekuador. Sementara, peluang Qatar untuk lolos penyisihan grup tertutup laga Ekuador vs Belanda berakhir imbang 1-1. Di laga terakhir melawan Belanda, sudah tak berpengaruh lagi bagi tuan rumah.

Susunan pemain:
Qatar (5-3-2): 22-Meshaal Barsham, 16-Boualem Khoukhi, 3-Abdelkarim Hassan, 17-Ismaeel Mohammad, 2-Pedro Miguel, 14-Homam Ahmed, 12-Karim Boudiaf, 23-Assim Madibo, 10-Hassan Al Haydos, 19-Almoez Ali, 11-Akram Afif. Pelatih: Félix Sánchez

Senegal (4-4-2): 16-E. Mendy, 3-K. Koulibaly, 21-Y. Sabaly, 22-A. Diallo, 14-I. Jakobs, 5-I. Gueye, 6-N. Mendy, 19-F. Diédhiou, 18-I. Sarr, 15-K. Diatta, 9-B. Dia. Pelatih: A. Cissé

 


(TOM)