Patung Ganesha di Bibir Kawah Bromo Hilang Misterius

Patung Ganesha di bibir kawah Bromo sebelum hilang/metrotv Patung Ganesha di bibir kawah Bromo sebelum hilang/metrotv

PASURUAN: Sebuah patung ganesha di bibir kawah Gunung Bromo ditemukan hilang secara misterius. Petugas gabungan polisi dan TNBTS masih melakukan penyelidikan terkait temuan tersebut.

Informasi hilangnya patung ganesha di bibir kawah Gunung Bromo sebelah timur ini diketahui dari salah satu tour guide yang sedang mengantar tamu.

Saat pertama ditemukan, tour guide tersebut hanya mendapati tempat dudukan patung serta dikelilingi sejumlah sesaji.  Sementara patung dengan tinggi dan lebar 50 cm sudah tidak ada.

Mendapati laporan patung ganesha hilang, Polsek Sukapura,  TNBTS, serta sejumlah tokoh masyarakat kemudian mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan. Selain itu petugas juga memintai keterangan sejumlah warga lokal yang beraktifitas di lokasi tersebut.

BACA: Pasukan Elite TNI AL Kopaska Lumpuhkan 'Teroris' di Bandara Juanda

Dari pengecekan, terdapat tanda - tanda pecahan patung yang terbuat dari semen cor itu seperti jatuh ke arah kawah.  Selain itu, sebelum ditemukan hilang terdapat sekitar delapan orang yang diduga bukan dari warga sekitar naik ke bibir kawah untuk melakukan ritual di lokasi patung ganesha, pada Selasa malam, 16 Mei 2023.    

Kanit Reskrim Polsek Sukapura, Aipda Dadang Hariyanto mengatakan, meskipun dari pengecekan ditemukan ada bekas di tanah ke arah kawah seperti benda yang terjatuh serta adanya warga yang ritual sebelum hilang.

"Belum bisa memastikan apakah patung tersebut jatuh atau di ambil dan saat ini hilangnya patung masing dalam penyelidikan, " ujarnya.  

 


(TOM)

Berita Terkait