Fenomena MJO, Waspadai Hujan DIsertai Angin Kencang Hari Ini

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai kilat yang terjadi di sejumlah provinsi di Indonesia, pada Senin 21 Juni 2021.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG menyampaikan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencan terjadi di Aceh, Bali, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur. Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Hujan lebat beserta angin kencang juga diperkirakan terjadi di Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua. Lalu di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Selain itu, BMKG menyampaikan adanya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) pada 20-21Juni 2021. Fenomena MJO itu dapat meningkatkan aktivitas konvektif di wilayah perairan Indonesia.

Fenomena ini diprediksi terjadi di perairan barat daya Lampung, Selat Sunda, Laut Jawa, DKI Jakarta, perairan selatan Jawa hingga NTT, pesisir Kalimantan Tengah-Selatan, Laut Flores dan beberapa wilayah lain.

BMKG juga melaporkan adanya pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di perairan barat Aceh hingga Selat Malaka, Bali hingga Jawa Timur, Kalimantan Tengah sampai Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Utara, di Teluk Cendrawasih hingga Papua Barat.

Daerah konfluensi atau pertemuan angin juga terpantau di Sumatera Selatan hingga Selat Karimata. Kondisi-kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvegensi dan konfluensi.

 


(TOM)

Berita Terkait