Mau Ginjal Sehat? Enggak Cukup Minum Air Putih Doang, Simak Ini!

Sumber: Infoka.id Sumber: Infoka.id

CLICKS:  Anda keliru jika berpikir menjaga kesehatan ginjal cukup hanya dengan rajin minum air putih. Sebab, untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal tidaklah sesederhana itu.

Benar, jika mengonsumsi air mineral sangat baik dan membuat organ tubuh sehat khususnya ginjal. Namun, ada beberapa hal yang Anda perlu ketahui untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Melalui akun Twitternya, dokter Denta membagikan informasi seputar menjaga kesehatan ginjal Anda.

Sifat air putih
Tahukah Anda, jika air putih yang Anda minum memiliki fungsi yang krusial untuk mencegah penyakit yang dapat menjangkiti ginjal Anda? "Jadi air putih bisa bikin sehat ginjal, antara lain karena bisa membantu melarutkan atau memperlambat pembentukan batu ginjal," tulis dokter Denta, dikutip dari akun Twitternya @sdenta, Selasa, 16 November 2021.

Selain itu, air putih juga tidak diserap secara sempurna oleh tubuh Anda. Apalagi jika yang Anda minum bukan air mineral, alias air kopongan. "Menurut ginjal air tersebut minim added value, sehingga dibuang dalam bentuk kencing yang banyak, ini membantu nge-flush saluran kemih," jelasnya.

Perhatikan jumlah konsumsi air
Kebiasaan minum air terlalu banyak serta ditambah pola makan yang memiliki kadar garam tinggi, justru akan membawa petaka tersendiri buat tubuh Anda. Sebab, garam memiliki sifat menahan air. Sehingga, jika Anda terlalu banyak minum, dan kadar garam di tubuh kita tinggi, air akan sulit dikeluarkan oleh tubuh.

Air yang tertahan ini malah memperberat kerja jantung, pembuluh darah, dan ginjal. "Itu lah awal kisah kebanyakan garam bikin hipertensi," tutur dokter spesialis anak ini.

Baca juga:  Benarkah Air Hujan Dapat Dikonsumsi Hingga Dijadikan Obat? Ini Penjelasannya

Macam kerusakan ginjal
Menurut penjelasannya, terdapat dua kondisi kerusakan ginjal, yang pertama adalah Acute Kidney Injury (AKI), dan yang kedua adalah Chronic Kidney Disease (CKD). AKI adalah kondisi ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik secara tiba-tiba.

Umumnya, penyebab dari AKI justru bukan sebab dari ginjalnya sendiri, namun karena kejadian di luar ginjal. Kondisi AKI ini, membuat berkurangnya pasokan darah secara signifikan ke ginjal.

Sedangkan CKD, dimana fungsi-fungsi dari ginjal selain menyaring darah sudah tidak bisa dilakukan. Misal, pembentukan darah terganggu, sehingga menyebabkan anemia. "Jika terus menerus terjadi, ujung-ujungnya gagal ginjal," ujarnya.

Kondisi CKD paling banyak terjadi karena tekanan terus menerus dari tubuh kita, yang berlangsung lama, seperti hipertensi dan diabetes.

Maka dari itu, jika Anda mau ginjal Anda sehat tidak cukup minum air putih saja. Anda juga perlu menjaga gaya hidup, tidak merokok, mengonsumsi makanan sehat, olahraga, serta mengendalikan stres. Semoga bermanfaat.


(NAI)