Stres Menganggur, Pria di Blitar Ini Mengaku Mampu Merubah Batu Kali Jadi Berlian, Parahnya Ada yang Percaya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BLITAR : Kelamaan menganggur membuat Robby Cristian (39) melakukan aksi tipu-tipu. Warga Permata Hijau Permai, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa barat ini menjadi dukun palsu. Kepada korban, Robby mengaku merubah batu kali jadi berlian. Parahnya, ada yang percaya apa yang dikatakan pengangguran ini.

Aksi tipu-tipu berkedok dukun palsu ini akhirnya terbongkar setelah dilaporkan oleh korban yakni Donny Adisatya warga Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Blitar. Robby pun akhirnya digelandang ke Mapolres Blitar. Donny jengkel setelah membayar sejumlah mahar, batu kali yang dijanjikan tersangka akan menjadi berlian tak kunjung wujud.

"Tersangka kami amankan dengan sejumlah barang bukti di antaranya seperti keris, dupa, minyak wangi dan batu akik," kata Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Heri Setiawan, Rabu 22 September 2021.

Yudhi mengatakan untuk meyakinkan korban, pelaku juga berdandan layaknya seorang dukun dan juga membawa berbagai perlengkapan ritual. Tak hanya mampu merubah batu kali jadi berlian, tersangka juga mengaku mampu menghilangkan guna-guna atau santet pada keluarga koban.

Baca Juga : Tipu Calon ASN, Staf Kemenag Pasuruan Ditahan

"Korban akhirnya terperdaya dan tersangka menguras harta benda korban," tandasnya.

Kini pelaku harus mendekam di balik jeruji untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancam hukuman penjara paling lama 4 tahun penjara.


(ADI)

Berita Terkait