Tak Melulu Berbahaya, Ini Manfaat Mandi Hujan untuk Perkembangan Anak

Ilustrasi anak mandi hujan/Sumber: theasianparent.com Ilustrasi anak mandi hujan/Sumber: theasianparent.com

CLICKS:  Bagi banyak anak, musim hujan menjadi salah satu periode yang menyenangkan. Sebab, bermain air sembari mandi hujan adalah hal yang sangat digemari anak-anak.

Sayangnya, banyak pula orang tua yang khawatir jika anak mereka bermain air hujan. Mereka beranggapan jika bermain hujan akan membuat sakit.

Namun, belakangan ini anggapan tersebut sudah mulai luntur. Sebab, dengan bermain hujan, anak Anda akan mendapatkan manfaat yang baik untuk perkembangannya lho! Dihimpun dari berbagai sumber berikut informasinya.

Baik untuk perkembangan fisik dan motorik

Saat anak Anda bermain di bawah hujan, dia akan menggerakkan seluruh tubuhnya untuk melompat menengok ke atas (melihat sumber hujan turun), menadah hujan dengan tangan, mencipratkan air, hingga merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin.

Dengan berbagai gerakan tersebut, daya gerak dan aktivitas anak tersebut akan merangsang stimulasi motorik serta kemampuan fisik yang optimal, terutama rangsangan kulit yang langsung terkena air.

Mendorong kreativitas dan imajinasi

Saat anak mandi hujan, imajinasi dan kreativitasnya akan muncul seiring dengan khayalan mereka. Sebab, saat hujan si kecil akan mencoba berpikir kreatif, ditambah melakukan dengan cara yang menyenangkan.

Menambah pengetahuan

Dengan bermain mandi hujan, anak tentu akan memiliki pengalaman bereksplorasi bersama alam. Dengan begitu, pengetahuan mereka tentang lingkungan sekitar akan bertambah.

Baca juga: Perlukah Memasang Penangkal Petir saat Musim Hujan? Simak Ini

Bagus untuk perkembangan tulang

Tahukah Anda jika dengan bermain hujan dapat membuat tulang semakin kuat? Bahkan, hal ini diperkuat oleh beberapa penelitian. Ion negatif yang terkandung pada air hujan dipercaya bisa menghasilkan reaksi biokimia, menetralkan keasaman tubuh, dan menghancurkan radikal bebas penyebab rapuhnya tulang.

Selain itu, dinginnya air hujan juga akan menetralkan suhu tubuh dengan baik dan melancarkan sistem peredaran darahnya.

Walau begitu, Anda juga tetap harus memperhatikan beberapa hal agar anak Anda tidak menjadi sakit, seperti berikut ini.

Berikan makanan hangat

Ada baiknya setelah main hujan untuk memberikan asupan makanan yang hangat. Sebab, setelah bermain hujan tubuh anak Anda akan merasa dingin dan lapar. Maka dari itu, hal tersebut adalah waktu yang tepat untuk menghangatkan organ-organ di dalamnya.

Jangan bermain di hujan pertama

Harus Anda perhatikan jika hendak mengizinkan anak main hujan, hindari hujan yang turun pertama kali. Sebab, hujan yang turun pertama kali (setelah beberapa waktu tidak hujan), adalah hujan yang berfungsi membersihkan polusi udara.

Polusi udara, debu, dan kotoran di udara akan terbawa bersamaan dengan air hujan. Efek untuk si kecil pun jadi tidak sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat mandi hujan untuk perkembangan anak-anak Anda. Semoga bermanfaat.


(NAI)