Dicurhati Nelayan Gresik Soal Sulit Solar, Jokowi: Bangun SPBU Khusus!

Presiden Joko Widodo berdialog dengan nelayan di Surabaya. foto: BPMI/Setpres. Presiden Joko Widodo berdialog dengan nelayan di Surabaya. foto: BPMI/Setpres.

GRESIK: Presiden Joko Widodo menerima keluhan dari nelayan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terkait sulitnya memperoleh bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk operasional kapal. Solusinya, akan dibangunkan SPBU khusus.

Keluhan  tersebut diterima Kepala Negara saat meninjau Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo pada Rabu 20 April 2022.  Jokowi, sapaan akrabnya, datang untuk melihat langsung aktivitas dan hasil tangkapan nelayan. Sekaligus, berdialog untuk mendengarkan aspirasi perwakilan kelompok nelayan.

"Tadi saya menemui para nelayan untuk melihat lebih detail mengenai hasil hariannya berapa. Kemudian, ada kesulitan apa. Ternyata di sini kesulitan dalam mendapatkan solar," ujar Jokowi selepas berdiskusi dengan para nelayan.

Presiden langsung menginstruksikan Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga hadir dalam peninjauan tersebut, untuk segera mencari solusi terhadap persoalan itu.

BACA: Resmikan Bandara Trunojoyo, Ini Harapan Jokowi

"Saya minta segera diselesaikan oleh Pak Menteri Erick, Pak Menteri KKP, untuk dibuatkan SPBU kecil khusus untuk nelayan. Nanti SPBU itu bisa milik BUMD," imbuh Jokowi.

Kalangan nelayan juga menyampaikan persoalan lain, yakni status lahan yang dimiliki masyarakat di kampung sekitar pantai. Hal itu menjadi persoalan, karena tanah yang dimiliki warga setempat tidak bisa disertifikatkan.

Menanggapi masalah itu, Presiden langsung menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

"Tadi saya telepon langsung ke Menteri BPN, bisa. Ini bisa kita selesaikan," tukas Kepala Negara.

 


(TOM)

Berita Terkait