5 Cara Lakukan Self Reward Tanpa Takut Kantong Jebol

Ilustrasi membahagiakan diri sendiri dengan memberi self reward. Foto: Freepik Ilustrasi membahagiakan diri sendiri dengan memberi self reward. Foto: Freepik

JAKARTA: Tak ada salahnya membahagiakan diri dengan memberi self reward atas usaha Anda selama ini. Tapi jangan lupa, penting mengatur keuangan agar mencegah keborosan.

Dikutip dari Inibaru.id, berikut lima cara mengatur keuangan dengan cerdas agar bisa self reward tanpa kantong jebol:

 

1. Pastikan bukan karena gengsi

Sebelum kamu memutuskan untuk mengeluarkan uang untuk self reward, pertimbangkan dan pastikan lagi tujuannya. Anda mesti menyadarinya, sehingga uang yang dikeluarkan benar-benar sesuai rencana keuangan dan tersalurkan untuk kebahagiaan diri sendiri.

Jangan sampai self reward ini hanya kedok untuk memenuhi gengsi, rasa penasaran, dan demi pengakuan orang lain. Ini sama artinya dengan kita menghamburkan uang.

2. Anggarkan dan pilah

Menganggarkan pengeluaran untuk self reward merupakan kunci utama mencegah pemborosan. Anda bisa menyatukan dana self reward ini ke dalam pos kebutuhan pribadi.

Idealnya, porsi pos ini adalah 20 persen dari penghasilan. Nah, nominal tersebut harus dibagi dengan kebutuhan pribadi lainnya, seperti untuk paket data, hobi, makeup atau skincare.

Biar enggak bingung, Anda bisa menganggarkan self reward ini 50 persen dan 50 persen lainnya untuk kebutuhan pribadi. Satu trik yang bisa Anda pakai adalah menggunakan dompet digital atau akun bank secara terpisah.

BACA: Tak Hanya Segar Buat Berbuka, Ini Manfaat Es Setup Nanas Selasih

3. Tidak harus setiap bulan

Kita memang bekerja setiap hari, mendapatkan penghasilan setiap bulan, dan ada promo menggoda tiap bulan. Tapi bukan berarti kita juga harus terus memakai biaya self reward setiap bulan.

Bila bulan ini enggak ada target self reward, sebaiknya simpan saja uangnya. Dana yang tersimpan ini nantinya bisa untuk menggapai self reward yang lebih mahal suatu hari nanti.

4. Gunakan sistem kredit untuk barang mahal

Anda juga bisa menghadiahi diri dengan barang mewah atau liburan berkelas dengan memanfaatkan opsi cicilan atau kredit. Pastikan keamanannya terjamin, bunganya rendah, dan Anda sanggup membayar cicilannya setiap bulan tanpa mengganggu pengeluaran yang lain.

5. Cari yang gratis

Memberikan apresiasi pada diri sendiri juga nggak melulu harus pakai uang dan mahal. Anda bisa melakukan self reward berbiaya murah bahkan gratis.

Jadi, sudah pasti hal tersebut bikin kamu menghemat anggaran. Self reward ini bisa berupa bersantai di rumah, tidur siang, jogging di sekitar rumah, hingga menonton film atau drama seri kesayangan.

Biar seru, Anda bisa memilih kegiatan yang berbeda setiap bulannya. Selain asyik, dompet juga tetap aman.


(UWA)

Berita Terkait