Jarang Diketahui, Ini 5 Khasiat Kulit Apel bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi kulit apel. Foto: Pixabay Ilustrasi kulit apel. Foto: Pixabay

JAKARTA: Apel merupakan salah satu buah yang banyak diminati orang. Tak hanya daging buahnya yang bisa dimakan, kulit apel juga bisa Anda nikmati.

Tak sedikit orang lebih memilih untuk mengupas kulit apel ketika mengonsumsinya. Namun ternyata, kulit apel memiliki segudang khasiat yang bisa Anda dapatkan.

Dilansir dari Health Shots, berikut khasiat dari kulit apel bagi kesehatan tubuh:

1. Mengandung serat yang tinggi

Kulit apel mengandung sebagian besar serat. Serat membuat Anda kenyang lebih lama dan menghindari rasa lapar.

Serat juga membantu pemeliharaan kesehatan hati dan kesehatan tulang. Bagi penderita diabetes, serat memiliki manfaat untuk membantu pencernaan.

2. Memberi perlindungan kesehatan paru-paru

Tak hanya serat, kulit apel mengandung quercetin atau senyawa antiinflamasi yang kuat. Senyawa ini mampu melindungi paru-paru Anda dari sejumlah penyakit.

BACA: Praktis! Ini Cara Membuat Makser Peel Off Telur dan Lemon

3. Membantu menjaga kesehatan jantung

Kulit apel mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Serta, meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah untuk jantung yang sehat.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat kulit apel yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan secara berlebihan. Akibatnya, konsumsi kalori akan berkurang.

Selain itu, polifenol yang ada pada kulit apel terbukti menghambat penyerapan glukosa dan lemak. Kedua kandungan inilah yang dapat menurunkan berat badan Anda.

5. Kulit apel penuh vitamin

Kulit apel mengandung vitamin A, C dan K. Kulit apel juga mengandung mineral penting seperti potasium, fosfor dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Semua nutrisi ini berkontribusi pada kesehatan jantung, saraf, otak, kulit dan tulang Anda.

Agar mendapatkan khasiat dari kulit apel secara penuh, pastikan untuk mencuci apel sebelum Anda mengonsumsinya. Hal ini untuk menghilangkan bakteri atau bahan kimia lainnya.


(UWA)