Hari Lahir Pancasila, SMK di Ponorogo Gelar Upacara Berpakaian Adat Nusantara

Siswa SMK 2 Ponorogo mengelar upacara Hari Lahir Pancasila/metrotv Siswa SMK 2 Ponorogo mengelar upacara Hari Lahir Pancasila/metrotv

PONOROGO: Upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila digelar di setiap daerah, pada Rabu 1 Juni 2022. Di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Siswa SMK PGRI II menggelar upacara bendera dengan mengenakan pakaian adat seluruh nusantara.

Pihak sekolah sengaja menggelar upacara bendera berpakaian adat untuk menunjukkan kebhinekaan yang ada di tanah air. Berlatar belakang banyak suku, adat, dan budaya itulah akhirnya lahir Pancasila sebagai lambang pemersatu bangsa.

Menurut Kepala Sekolah SMK PGRI 2, Syamhudi Arifin, selain untuk memperingati hari lahir Pancasila kegiatan ini juga sekaligus untuk menanamkan jiwa kebinekaan kepada para siswa.

BACA: Peringati Lahirnya Pancasila, Bumi Bung Karno Berhias Lampion

"Sekaligus memperkenalkan budaya yang ada di nusantara. Para siswa diharapkan dapat menyerap nilai-nilai luhur Pancasila, yang bisa mempersatukan bangsa Indonesia, " ujarnya.

Salah satu siswa Arya mengaku melakukan persiapan selama dua hari untuk mengikuti upacara dengan pakaian adat ini. Bahkan ia juga harus menyewa kostum yang dikenakan.

 


(TOM)

Berita Terkait