Eropa Paksa Gunakan Kabel Type C di iPhone 15, Apple Tunduk

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : iPhone 15 yang akan diluncurkan tahun depan dikabarkan akan mulai menggunakan USB-C. Langkah ekstrem ini diambil Apple menanggapi tekanan yang dilancarkan oleh Uni Eropa. Diketahui, Uni Eropa belakangan ini tengah gencar mengampanyekan penggunaan port yang sama untuk semua perangkat yang bertujuan untuk mengurangi limbah kabel.

Uni Eropa menyebut apabila Apple tetap bersikeras menggunakan kabel lightning, maka pengguna Android yang ingin beralih ke produk Apple atau sebaliknya harus membeli kabel baru. Ini bakal merugikan lingkungan. Berbeda jika semua perangkat kompak menggunakan kabel dengan jenis yang sama. Maka berapa kali pun beralih ke perangkat berbeda, akan tetap menggunakan kabel yang sama.

Dilansir dari The Verge, Jumat 10 Juni 2022,  mulai minggu depan Uni Eropa dan negara-negara lain akan menyelesaikan undang-undang yang mengharuskan penggunaan USB-C. Negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa akan bertemu untuk membahas dan mengesahkan aturan, yang nantinya bakal menyatukan pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone.

Meskipun awalnya Apple menentang kebijakan tersebut, namun saat ini raksasa teknologi Amerika Serikat itu mulai melunak. Ke depan Apple akan menyediakan produk dengan USB-C untuk pasar Eropa atau membuat semua produk di dunia menggunakan port USB-C. Bagaimanapun juga, port USB-C akan menjadi yang utama, cepat atau lambat.

Baca juga : Keren, Honda Kembangkan Teknologi Navigasi Sepatu untuk Tunanetra

Meskipun iPhone masih menggunakan port Lightning, sejumlah besar produk seperti MacBook dan iPad sebenarnya telah beralih ke USB-C, dan mendukung Thunderbolt 3 dan bahkan Thunderbolt 4. Terakhir, tidak hanya memiliki tingkat transmisi yang sangat tinggi tetapi juga kompatibel dengan pengisian cepat dan output video sinyal DP.

Beberapa netizen juga menyatakan dukungan mereka untuk penggunaan USB-C pada iPhone. Lagi pula, Apple tidak menyertakan pengisi daya untuk tiap pembelian iPhonenya. Dilihat saja apakah iPhone 15 yang akan diluncurkan tahun depan yang akan mulai menggunakan USB-C atau mungkin malah iPhone 14.


(ADI)

Berita Terkait